Biaya Jasa Arsitek Jogja

Memang banyak sekali manfaat menjanjikan yang ditawarkan dari seorang arsitek untuk keperluan membuat konstruksi, utamanya di wilayah Jogja dan sekitarnya. 

Seorang arsitek yang berpengalaman tentu sanggup menciptakan rancangan sebuah rumah yang efisien dan fungsional sambil tetap mempertimbangkan detail keinginan sang pemilik.

biaya jasa arsitek di jogja



Berapa Jasa Arsitek Dihargai?
Ada banyak keinginan pemilik proyek yang harus diakomodir oleh arsitek pada bangunan yang akan dibuat seperti kebutuhan ruang, layout serta keselarasan hubungan antar ruang, konsep arsitektur dan lain sebagainya. Arsitek juga harus mampu mengemas detail tersebut dengan imajinasinya.

Tak hanya itu, arsitek juga melakukan survey sebagai materi bahan pertimbangan sebelum mulai membuat desain. 

Survey akan menghasilkan luas dan bentuk area lahan yang akan digunakan untuk menentukan hubungan dan dimensi setiap ruang hingga bentuk lahan dan layout-nya.

Hasil yang diperoleh pemilik proyek dari arsitek yang diperkerjakan antara lain berupa gambar desain 3D berupa perspektif bangunan, gambar kerja meliputi denah, penampakan bangunan, gambar potongan dan detil tiap rancangan dari bagian rumah. Hasil ini digunakan sebagai acuan kerja pihak kontraktor dan pemborong untuk mengerjakan proyek.

Selain itu, dari arsitek, pemilik dapat memesan paket termasuk Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang biasanya akan dinyatakan fix jika sudah melalui berbagai proses revisi guna memenuhi keinginan sang pemilik.

Dengan berbagai fasilitas yang bisa didapatkan tersebut, berapa besarnya biaya yang umumnya dikeluarkan? Tarif yang ditetapkan oleh arsitek bisa saja berbeda-beda satu dengan lainnya. Umumnya, harga ini bergantung pada kualitas pekerjaannya. 

Kualitas pekerjaan ini sendiri dapat dilihat dari proyek terdahulu yang telah dikerjakan sang arsitek. Makin bagus karya arsitektur yang mereka buat, atau bahkan jika dibilang karya monumental, makin mahal pula harga yang mungkin Anda bayar.

Bagi beberapa pemilik proyek, tingginya tarif arsitek ini juga menjadi barometer level arsitek tersebut. Klien bahkan dibuat penasaran hingga tertarik untuk menggunakan jasa arsitek mahal tersebut. 

Hal ini mungkin dikarenakan, klien yang berani mencari arsitek berarti orang yang memang benar-benar menginginkan sebuah kualitas dan bersedia membayar untuk mendapatkannya. Rupiah pun bukan lagi menjadi hal yang sensitif untuk dibahas.

Biasanya besaran tarif arsitek ini dapat dihitung dari luas bangunan, contoh Rp. 50.000/m2. Namun ada pula tarif arsitek yang dihitung berdasar pada presentase RAB konstruksi yang dibangun. 

Untuk bangunan rumah tinggal dengan tingkat kerumitan yang tinggi, maka tarif arsitek yang dibebankan biasanya senilai 2-4% atas nilai konstruksi ataupun RAB. Namun untuk memastikan berapa harga yang ditentukan, tentu saja Anda perlu menghubungi kontak arsitek.

Nominal tarif jasa arsitek yang disebutkan di atas adalah tarif minimum arsitek dan diatur oleh IAI (Ikatan Arsitek Indonesia). Jika ada arsitek yang memberlakukan tarif di bawah panduan IAI ini, maka ada beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi.

Mungkin arsitek yang Anda hubungi tersebut bukanlah anggota IAI sehingga pekerjaannya dihargai sesuai keyakinannya sendiri. Kemungkinan lain adalah arsitek tersebut sedang mengejar jam terbang sehingga berusaha mendapatkan order sebanyak-banyaknya. Persaingan juga tak jarang menjadi alasan.

Lalu adakah tarif maksimum terkait jasa arsitek ini? hingga saat ini, tidak ada peraturan tentang berapa nilai tertinggi atas jasa arsitek ini. namun demikian, gaji yang diberikan tetap berdasar pada kontrak kerja yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Pada intinya, makin tinggi kualitas seorang arsitek maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan untuk menebus kualitas tersebut. Di Jogja sendiri, ada banyak arsitek berkualitas yang menawarkan jasanya dengan harga kompetitif tanpa mengorbankan kualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar