Tips Memilih Arsitek Jogja Terpercaya

Untuk membangun rumah maupun bangunan lain bagi berbagai keperluan, adalah langkah yang bijaksana mempekerjakan tenaga arsitek jujur dan ahli di bidangnya. Jaminan bangunan berkualitas akan Anda dapatkan dibanding membangun rumah sendiri tanpa pengetahuan dan keahlian khusus dalam bidang konstruksi. Anda pun bertaruh dengan resiko yang besar.

Tips Memilih Arsitek Jogja Terpercaya


Cara Seleksi Arsitek Terpercaya
Arsitek memang bukan sekedar membuatkan gambar calon rumah Anda, tetapi juga membantu mewujudkan bangunan dengan fungsi yang baik, efisien, jauh dari masalah yang tak dikehendaki di masa depan.

Saat ini, aliran informasi besar-besaran memang semakin memudahkan pekerjaan manusia. Tak terkecuali saat Anda melakukan pencarian jasa arsitek di wilayah sekitar Anda misalnya. Apalagi di daerah Jogja yang memiliki banyak tenaga ahli konstruksi meliputi arsitek, pemborong dan kontraktor.

Mencari mereka mungkin tidak begitu sulit bagi Anda. Membuat daftar berisi 10 orang atau lembaga mungkin tak perlu waktu lama. Yang menyulitkan adalah memilih 1 nama yang sesuai kebutuhan dan keinginan. Belum lagi meyakinkan diri Anda sendiri bahwa mereka adalah tenaga ahli yang jujur atau "nakal". Percayalah masih banyak orang jujur di dunia ini yang bisa Anda percaya. Caranya?

1.      Cek Portofolio
Kinerja arsitek pasti bisa dilihat di portofolionya. Makin ia berpengalaman, maka portofolio jadi makin tinggi kualitas dan kuantitasnya. Bangunan yang dia desain sebelumnya menjadi acuan kesesuaiannya terhadap selera Anda. Lihat pula daftar tipe bangunan yang sudah ia buat.

2.      Kepribadian
Temui mereka langsung face-to-face dan lihat bagaimana kepribadiannya. Saran kami, pilih arsitek yang kepribadian yang sesuai kepribadian Anda. Ingat bahwa Anda akan mempekerjakan arsitek dalam waktu yang panjang mulai bulanan hingga bertahun-tahun. Pasti Anda tidak ingin lama-lama berurusan dengan orang yang tidak Anda sukai kepribadiannya bukan?

Jika bertemu langsung belum memungkinkan, Anda Anda mungkin bisa mengenali bagaimana kepribadian arsitek tersebut melalui akun sosial media.

3.    Testimoni
Pendapat dari orang-orang yang pernha menggunakan jasa mereka sebelum Anda juga bisa Anda manfaatkan sebagai bahan pertimbangan. Para klien yang merasa terpuaskan oleh kinerja sang arsitek pasti tidak akan keberatan membagikan pengalaman mereka bersama tenaga ahli yang mereka pekerjakan.

4.    Tanyai Langsung
Cara selanjutnya adalah to the point saja, dengan langsung menanyakan beberapa hal yang relevan dengan proyek, diantaranya tentang:

·         Kualifikasi, meliputi pengalaman, detail proyek yang pernah dikerjakan, meminta izin meninjau proyek yang sedang berlangsung, nominal untuk desain, dan lainnya.
·         Lamanya proses pengerjaan meliputi durasi mengerjakan desain, kapan desain dimulai, kapan pembayaran dilakukan, dll.
·         Biaya, seperti minimal biaya yang perlu disiapkan, bayaran pekerja, biaya konsultan, bayar pajak konstruksi dan biaya perizinan.
·         Layanan meliputi jasa yang diberikan, jenis tugas arsitek dan kontrak konstruksi.

5.      Kedekatan
Memang keempat hal di atas terasuk dalam hal-hal teknis yang perlu dikonfirmasi dalam memilih seorang arsitek yang paling sesuai. Namun masih ada hal lain yang tetap menentukan yaitu kedekatan antara Anda dengan arsitek.

Dengan kedekatan yang terjalin, Anda dapat dengan mudah menyampaikan ide, keinginan, kebutuhan dan selera Anda terhadap bangunan yang diinginkan. Biasanya faktor kedekatan ini dapat menggantikan salah satu faktor teknis yang mungkin tidak dimiliki oleh arsitek.

Demikianlah beberapa cara untuk mendapatkan arsitek yang berkualitas dan bisa Anda percayai selama proses pengerjaan bangunan rumah Anda. Seorang arsitek profesional pasti akan menjaga integritas dan pamornya di dunia arsitektur sehingga ia akan selalu bertindak jujur dalam melayani para kliennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar